Sumber
daya manusia merupakan suatu aspek yang hingga saat ini masih menjadi sorotan
penting dalam suatu organisasi. Setiap organisasi, baik itu organisasi besar
ataupun kecil selalu memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki skill
dan kemampuan untuk menjalani organisasi tersebut.
Dengan
kata lain SDM dapat dianalogikan sebagai motor penggerak dari berjalannya suatu
organisasi. Oleh sebab itu, organisasi dituntut untuk memiliki manajemen sumber
daya manusia (MSDM) yang efektif dan tepat sasaran sehingga dapat berjalan
sesuai dengan tujuan organisasi nya.
Manajemen
sumber daya manusia tidak hanya sebatas dalam pengadaaan SDM saja. MSDM
memiliki urgensi dalam menciptakan strategi yang berhubungan dengan
pengelolahan antara pernencanaa, pekerjaan, kebijakan, kompensasi, pengembangan
karyawan, perlindungan karyawan, dan hukum-hukum terkait ketenagakerjaan yang
berlaku. Semua hal tersebut merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan
setiap organisasi dalam menjaga keefektifitasn MSDM organisasinya.
Sifat dari MSDM
sangat lah dinamis dan mengikuti perkembangan jaman. Fenomena yang sedang
populer saat ini terkait dengan perkembangan MSDM pada perusahaan yang bergerak
dibidang jasa transportasi publik yaitu ojek online atau masyarakat
mengenal nya dengan istilah gojek. Pada dasarnya, ojek bukanlah sarana
tranportasi umum yang baru dikalangan masyarakat Indonesia. Namun, pihak
manajemen gojek memberikan inovasi dalam melakukan pencarian dan pemesanan jasa
ojek sehingga dapat memaksimalkan pendapatan seorang tukang ojek. Selain itu
fitur yang diberikan oleh gojek tidak hanya sebatas mengantar penumpang. Fitur
lainnya yang ditawarkan oleh gojek adalah jasa kurir dan pemesanan barang
sehingga menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut.
Perkembangan secara signifikan ini
tidak lepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang saat
ini sudah menjadi hal yang menjadi "konsumsi" masyrakat sehari-hari.
Pihak manajemen gojek mampu melihat peluang untuk memaksimalakan pendapatan
seorang tukang ojek hanya dengan suatu aplikasi digital. Hal ini mebuktikan
bahwa kekuatan IPTEK pada era ini dapat menjadi peluang yang dapat
dimanfaatkan sebagai dasar dalam menjalankan bisnis.
Kemajuan IPTEK juga sangat berpengaruh terhadap revolusi manajamen sumber daya
manusia dalam hal pengadaan SDM. Pihak manajemen gojek sangat aktif
mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai fitur yang diberikan gojek melalui
media sosial dan berbagai jenis aplikasi mobile. Sehingga informasi mengenai
penggunaan layanan ojek online tersebut mampu beredar sangat cepat dan mampu
menarik banyak peminat. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna gojek, maka
pihak manajemen gojek juga harus meningkatkan jumlah SDM yang tergabung dalam
bisnisnya. Hal ini bukannlah hal yang sulit bagi pihak gojek, terbukti semakin
banyaknya pelamar yang melamar menjadi bagian dari gojek dikarenakan gojek
merupakan hal yang sangat "in" pada saat ini.
Pesatnya
antusia masyarakat terhadap penggunaan jasa gojek membuat manajemen gojek harus
merancang strategi dalam pengelolahan SDM. Namun hal tersebut bukanlah hal
sulit dan mampu diatasi oleh manajemen gojek. Hal ini terlihat dari semakin
meningkatnya jumlah armada gojek yang tergabung. Dengan kata lain, pihak
manajemen gojek saat ini sudah mampu menjalankan fungsi manajemen sumber daya
manusia secara baik, dalam fungsi manajerial maupun fungsi operasional.
Jika dilihat dari
fungsi operasional pihak manajemen gojek menerapkan fungsi operasional dengan
baik, dimana terdapat beberapa komponen, yaitu ; pengadaan SDM, pengembangan,
kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan.
1. Pengadaan SDM
Dalam hal pengadaan
SDM, pihak manajemen gojek saat ini sudah berhasil memenuhi kebutuhan SDM
sesuai dengan jumlah pengguna gojek. Bagi pihak manajemen gojek, pengadaan SDM
sebagai armada bukan lah suatu permasalah yang sulit pada saat ini. Pihak
manajemen gojek senantiasa memberikan citra yang baik dikalangan masyrakat
sehingga berpengaruh terhadap antusias masyarakat untuk bergabung dengan
perusahaan tersebut.
2. Pengembangan
Fungsi Pengembangan adalah
proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan
melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus
sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
Jika dilihat dari
sisi pengembangan, pihak gojek mampu memberikan pelatihan kepada para calon
armada dalam ilmu terkait dengan pelayanan transportasi kepada publik. Selain
itu, para calon armada gojek juga dibekali ilmu dalam berkendara yang baik dan
menjalankan aplikasi digital sehingga mampu mengikuti perkembangan
teknologi.
3. Kompensasi
Fungsi Kompensasi
adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau
barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada
perusahaan.
Pihak manajemen
gojek memberikan kompensasi kepada para armada gojek seperti; asuransi
kesehatan, sistem pembagian hasil yang transparan, dan juga fleksibilitas dalam
menjalankan tugas serta mencari penumpang. Semua hal tersebut dianggap mampu
menarik antusias masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk bergabung
ataupun bagi masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan menjadikan pekerjaan
tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Kompensasi yang dijanjikan pihak gojek
lah yang membedakan antara "tukang gojek pangkalan" dengan
"tukang ojek gojek". Peran kompensasi sangat berpengaruh terhadap
minat masyarakat untuk bergabung, bertahan, dan memotivasi berprestasi dalam
suatu organisasi.
4. Pengintegrasian
Pengintegrasian
bertujuan untuk rekonsiliasi kepentingan-kepentingan karyawan dalam suatu
organiasi. MSDM harus mampu menjaga hubungan antara individu dengan individu
lainnya ataupun dengan kelompok lainnya dalam suatu organisasi. Bukanlah hal
yang mudah untuk menciptakan suatu pemikiran yang sama dan secara berkelanjutan
dapat terjaga. Untuk itu pihak manajemen gojek sangat menjaga intensitasi
sosialisasi dengan armada gojek yang saat ini tergabung agar selalu diperoleh
kesepakatan yang sama.
5. Pemeliharaan
Fungsi
pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik,
mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang.
Pemilharaan yang baik dapat dilakukan dengan program-program yang menajamin
keselamatan dan kesehatan kerja setiap karyawan. Selain itu, kegiatan-kegiatan
di luar waktu kerja dapat menumbuhkan tingkat kebersaamaan dan menjaga hubungan
antara perusahaan dengan segala pihak terkait di dalamnya.
Dari
keseluruhan artikel di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pihak manajemen
gojek mampu memnciptakan inovasi baru dengan memadukan kemajuan IPTEK dengan
manajemen sumber daya manusia. Selanjutnya, secara garis besar, manajemen gojek
dapat dikatakan cukup berhasil dalam menerapkan konsep MSDM dalam jangka waktu
pendek. Untuk jangka waktu panjang belum dapat diberi kesimpulan, namun jika
pihak gojek mampu mempertahankan dan bahkan meningkatkan MSDM yang dimiliki
saat ini sangat dipastikan jika perusahaan ini akan terus maju.
Refrensi : (http://astriindustri27.blogspot.co.id/p/tugas-msdmh.html)
https://www.go-jek.com/?gclid=CLibgNz5jNICFc6HaAodaCcLOQ
Refrensi : (http://astriindustri27.blogspot.co.id/p/tugas-msdmh.html)
https://www.go-jek.com/?gclid=CLibgNz5jNICFc6HaAodaCcLOQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar